Kebaikan perempuan

satu lagi. 

Sumber : disini

kebaikan perempuan adalah juga kewajibannya, yaitu mengalah, mengabdi, dan menerima–menerima dari awal sampai akhir. kebaikan perempuan adalah juga kewajibannya, yang apabila tidak ditunaikan, dirinya sendiri yang akan kekurangan, kesusahan. yang apabila ditunaikan, dirinya sendiri yang akan dicukupkan, dibahagiakan.

Kebaikan laki-laki

Err… Ingin reblog, tapi udah ga pake tumblr lagi

Ijin share ya mbak, sumber disini

kalau kita lihat, di dunia ini ada banyak sekali laki-laki yang baik. laki-laki yang rajin sekali ke masjid dan tekun sekali beribadah. laki-laki yang gigih sekali belajar dan giat sekali bersekolah. laki-laki yang begitu sungguh-sungguh bekerja dan menjemput nafkah. laki-laki yang sangat setia dan taat kepada kedua orang tuanya. laki-laki yang nyaris tidak punya catatan keburukan. kalau beruntung, kebaikan-kebaikan itu berkumpul di satu orang.

kalau kita pikir-pikir dan rasakan, mungkin ada laki-laki baik yang berbuat baik kepada kita (perempuan). menjadi sahabat dan mendengarkan seluruh keluh kesah kita. memberikan semangat setiap hari. mengantarkan kita pulang atau pergi. membelikan makanan saat kita sakit. mengirimi kita berbagai kado. menjadi orang pertama yang panik saat sesuatu tak baik terjadi kepada kita. menjadi yang paling penasaran atas tulisan kita atau karya kita. mungkin ada, laki-laki yang menyayangi kita.

tapi taukah kamu? sesungguhnya kebaikan laki-laki yang bisa terhitung oleh (ayah ibu) seorang perempuan hanyalah satu: melamarnya. kalau ada laki-laki yang mengaku memperjuangkanmu tapi tidak melamarmu, tidak menikahimu, percayalah bahwa perjuangannya belum penuh. sebaliknya, pun begitu. dia yang tidak (belum) berbuat apa-apa tetapi melamarmu, sesungguhnya dia telah melakukan segalanya.

sebab bukanlah perkara kecil bagi seorang laki-laki untuk meminta perempuan dari orang tuanya. tidak dua atau tiga kali dia bergelut dengan dirinya sendiri (terlebih dahulu). ada banyak risiko yang dia putuskan untuk ambil. ada sebongkah tanggung jawab besar yang tiba-tiba diangkatnya sendiri, hendak diletakkannya di pundaknya sendiri.

maka janganlah kita perempuan, yang belum menikah, terhanyut dalam kebaikan-kebaikan yang (masih) semu. maka tak perlu jugalah kalian laki-laki berbuat baik yang semu-semu itu. salah-salah malah ada harapan tidak perlu yang ikut tumbuh. pada suatu titik semua itu tidak penting. semua itu akan kalah dengan dia yang melangkahkan kaki kepada ayah.

maka janganlah kita perempuan, yang sudah menikah, iri dengan kebaikan-kebaikan yang dilakukan para laki-laki lain kepada pasangannya. apalagi tergoyahkan kesetiannya karena ada laki-laki yang baik kepada kita. semua itu kalah dengan dia yang telah melangkahkan kaki kepada ayah.

karena ada banyak laki-laki baik, tetapi kebaikan laki-laki hanyalah satu.
maka, hitunglah kebaikan yang satu itu–hitung baik-baik. 🙂

The secret life of an anaesthetist: if surgeons are the blood, we are the brains

Sumber : Disini

You have to get used to being invisible as an anaesthetist. A large percentage of the public has no idea that we’re medically qualified. I’ve been asked how many GCSEs you need to be an anaesthetist. In fact our training is as long as that of a surgeon. It takes seven years of specialist studies after you’ve already completed two years of basic general training; and that’s after five or six years at medical school.

Patients always remember the name of their surgeon, never that of their anaesthetist. But it’s still a hugely rewarding job. We’re everywhere in the hospital. In theatre obviously, but also in intensive care, on the wards, in the emergency department, and in the pain clinic, with those who are really suffering. We assess people’s fitness for surgery, how likely they are to suffer complications, and support them through the operation itself and into the postoperative period.

When you first start anaesthetising patients early on in your career it’s terrifying. You know that if you get it wrong you might kill someone. Our drugs stop people breathing and it’s our job to take over that function. Even after nine years I still get a frisson of nerves in some situations. I hide it though; it’s an important part of the job to stay calm at all times. If there’s an emergency during an operation the team looks to the anaesthetist for leadership, as the surgeon is often too focused on fixing the immediate problem. If you panic, it spreads and the team loses the ability to function efficiently.

Anaesthesia is a very safety-oriented speciality; we’ve led the way in reducing patient harm by looking at human factors, using simulation training and reporting “near misses”. By sharing episodes where a patient has nearly come to harm, we hope to address the causes and prevent actual harm from occurring in the future. We’ve embraced ideas from aviation and other high-reliability industries about how a team functions effectively. We try to flatten the hierarchy in theatre so that the least qualified individual can raise concerns without feeling intimidated. This makes it especially frustrating when patients come to harm after they leave your care because the rest of the system is struggling to cope.

There are so many gaps in rotas of doctors, nurses and the wider healthcare team, and the proposed junior doctor contract changes will only make this worse. The outlook for patients who suffer complications after surgery is determined not by the presence of the complication, but by how quickly it is picked up and dealt with. This simply can’t happen when workloads are too high.

I look after one patient at a time. This ability to offer a premium level of care is one of the reasons I became an anaesthetist in the first place. On the wards each doctor will be responsible for up to 30 people a day, and even more at night. I can see with each heartbeat what the patient’s blood pressure is in the operating theatre; on the wards, it might only be checked once every four hours.

The speciality is a broad church, so there is room for all personality types. But given the precision involved there is perhaps a tendency to obsessive traits. I’ve worked with colleagues who have a 10-minute ritual for putting in an intravenous cannula that had to be completed in the correct sequence. Our postgraduate exams are renowned for being tricky but they are really a test of commitment. We’re experts in physiology, pharmacology, and physics; we have to know about everything from cellular respiration to how our drugs work, to the internal workings of a defibrillator.

Patients are usually nervous when they arrive in my anaesthetic room. It’s an exercise in trust to place your whole life in the hands of others. Every anaesthetist will have their spiel, some small talk to distract the patient from their imminent surgery. I ask them about family, talk about their favourite place to visit, what they do for a living. I modify my “going to sleep” talk depending on the small talk that’s gone before. If they love travelling, I’ll talk about a white sandy beach, with crystal clear waters, a gentle breeze. The more nervous they are, the longer they take to go to sleep. Many young, usually male, patients have commented as the drugs take effect that it feels just like a Saturday night. I’ve also been asked if I liked to have sex in a vest – I decided not to pursue what he meant by that when he woke up.

Every anaesthetist has a secret weapon when working in the operating theatre. We always work with an assistant, who might be a nurse or an operating department practitioner (ODP). The very best of them could do my job without thinking twice, but they choose even greater anonymity than the anaesthetist enjoys. Many a time I’ve had my bacon saved by an astute ODP. Some appear to have powers of extrasensory perception; I turn to ask for something and there it is in my hand.

I’ve also worked with many theatre colleagues with a wicked sense of humour. Before my first unsupervised operating shift, I confessed to the ODP that I’d never worked alone before. He paused and stuttered that neither had he, it was his first day at work, being newly qualified. I spent the entire day terrified that some disaster would befall us, and we wouldn’t be up to the challenge. At the end of the day he came clean – he’d been doing the job for 20 years.

Frustrations creep in to the job when the system fails. I often arrive at 7.30am (30 minutes before my shift begins), so I can find space on the pre-op ward to see my patients in private, find out their history and take the time to address any concerns. It’s then immensely distressing when operations are cancelled due to lack of beds, or lack of notes, or the surgeon’s been double booked, or you are moved to another job at short notice. Anaesthesia can also become routine; it’s a far cry from the early days of the speciality when unpredictable drugs were used without monitoring. If the patient is fit, it’s rare for them to come to harm from a general anaesthetic.

It is important to have other interests to distract from the stresses, strains and occasional boredom of the job. In my spare time I’m a volunteer doctor for the ambulance service. Being under a car in a ditch in the rain at 2am is very different from the bright lights of the operating theatre. Some of my colleagues are real polymaths. There are painters, musicians, novelists, as well as some quite serious sports people. The coffee room in the morning is the preserve of the middle-aged man in lycra. We see every day the damaging effects of too little aerobic fitness, so we’re staving off our own mortality.

The best bits? Reassuring nervous patients, rendering labouring women pain-free with the magic of epidural analgesia and, of course, merciless surgeon baiting. I’ll ask if they need me to Google instructions for the operation, or if they’ll be finished before new year. We say there’s a blood-brain barrier between the surgeon and the anaesthetist: they’re the blood, and we’re the brains.

Anestesi dan segala cerita

Judulnya ga kreatif. Udah ga tau lagi mau ngasih judul apa haha

Yap. 4 minggu di stase ini. Dengan tempat berputar-putar di OK, IGD, ICU, lapangan, dan ruang parade 🙂

Padahal kalo saya bukan anak FK nih, pasti sejauh mata memandang spesialis anestesi (Sp.An) itu ga keliatan wujudnya, entah dimana orangnya, cuma namanya doang yang ada (kok jadi kayak apa gitu ya haha). Terus cuma tau kalo spesialis anestesi itu kerjanya bius-bius doang…

Ternyata salah besar saudara-saudara. SpAn itu ada dimana-mana. Mulai dari pintu depan RS (a.k.a IGD) sampe yang belakang-belakang kayak OK (ruang operasi) dan ICU itu mereka bekerja. Dan pekerjaan mereka ngga ada yang ringan. Mereka adalah ujung tombak penanganan pasien-pasien kritis. Nanti saya share habis ini postingan bagus buat yang mau tau anestesi itu kayak gimana.

Selain itu, kalo di kampus saya nih ada tambahan satu tempat lagi yaitu LAPANGAN. Yap. Stase anestesi adalah stase plus-plus buat koas karena ada stase lapangan namanya. Iya ituloh literally lapangan. Ada lapangan bola, tenis, badminton, lapangan sepeda (?), lapangan pengajian…

Empat minggu yang bahagia sih kalo bisa saya bilang. Memang beban kerjanya sebetulnya banyak banget, karena pagi harus ikut parade (laporan pagi) jam 06.30, lanjut ikut operasi sampe waktu yang tidak bisa ditentukan (kalo ga beruntung operasinya lama banget), lanjut lagi ikut stase lapangan entah itu bola tenis atau badminton, lanjut lagi habis maghrib pre op (visite) pasien operasi besoknya di bangsal), baru deh pulang ke rumah tidur dengan nyenyak di kasur empuk. Kalo jaga? yaa habis pre op itu meluncur ke ICU atau IGD dan tidak bisa tidur di kasur empuk :”). Besoknya gitu lagi. Teruuus aja selama 4 minggu ga berenti-berenti. Jadi sebenernya kehidupan koas stase anes adalah di rumah sakit (mirip-mirip sama stase anak).

Tapi saya bahagia. Haha. Ngga tau juga kenapa bahagia. Orang-orang juga pada heran ngeliat saya bahagia-bahagia aja sama stase ini :”)

Kemudian saya mulai mikir-mikir mundur.

Mungkin, faktor pertama adalah karena teman. Teman kelompok saya ini adalah gemeli (teman abadi) yang ditakdirkan karena absen akhir selalu bersama kalau pembagiannya urut absen. Jadi yaa akan selalu menyenangkan karena kita udah tau satu sama lain. Jadinya di OK juga suka ketawa-ketawa ga jelas karena seringnya kita nganggur duduk-duduk sambil monitoring pasien dan obrolan random kita :”). Stase ini juga mainnya team work. Jadi pas ujian, karena orang-orangnya udah biasa, jadi ya udah klop dengan pembagian tugas masing-masing.

Faktor kedua adalah jejaring. Alhamdulillah saya dapet stase luar kota di RS yang operasi hariannya ga banyak-banyak banget, tapi tetep dapet kompetensi. Konsulen disana juga baik-baik, perawat dan staf sana juga asik-asik. Alhamdulillah.

Faktor ketiga adalah residen yang asik. Kalo yang ini subjektif sih. Tapi menurut saya secara umum residen anes itu orangnya kocak, asik, dan baik hati *ceileee. HAHA iya karena obrolan-obrolan dan becandaan-becandaan random mereka bisa bikin kita ngakak dan ngga suntuk di OK :”). Oiya bahkan saya ketemu residen yang ternyata beliau ini akan praktik di dekat kampung halaman saya karena tugas belajar darisana. Wah takjub banget ada orang Cimahi yang ketemu di jogja dan ntar prakteknya di deket rumah. Dunia sungguh sempit.

Faktor keempat adalah konsulen anes yang diam-diam menghanyutkan *apasi* tetapi tentunya baik hati. Maksudnya diam-diam menghanyutkan itu kalo lagi ada pasien yang tiba-tiba kritis, mereka biasa dengan cool, tenang, dan gerak cepat tentunya menangani pasien itu. Jadi bukan kayak koas yang heboh pertama kali ngeliat pasien kritis kesana kemari rusuh gitu (ingin rasanya gerak cepat menolong pasien tapi hati sulit untuk terlalu tenang dan ujung-ujungnya don’t know what to do) Duh susah deh mendeskripsikannya.Tapi beliau-beliau ini baik hati. Ada konsulen yang suka melakukan pembantaian pas parade pagi, tapi di luar itu beliau baik hati.

Terus apa lagi ya.. oiya ini faktor terakhir dan belum saya ceritakan. Stase lapangan. Tugas koas putri disini adalah memotong semangka (untuk dimakan para pemain) dan koas putra adalah mengambil bola, atau beberapa orang ikut main. Stase ini banyak yang ga suka. Tapi kalau buat saya ini justru adalah refreshing setelah seharian (bahkan lebih) di RS. Mungkin karena ini kali ya penyebabnya kenapa residen anes itu kompak-kompak dan high spirit banget. Karena mereka suka olahraga.

Sekian cerita tentang stase anes. Oiya saya juga jadi chief di stase ini, kerjanya lebih ekstra lagi daripada anggota biasa, tapi saya bahagia. Haha. Sekian.

1495582235569.jpg
Bersama Gemeli saat ujian (menyemangati kicoy yang bagging selama operasi)
1494060587133.jpg
Bersama dr. Dwi, SpAn (konsulen di RS jejaring)

 

1495181241586.jpg
Bersama dr. Untung, SpAn, KIC (dokter pembimbing yang baik hati)
IMG-20170519-WA0016.jpg
Bersama Chief (ciyee sekarang udah chief aja dok) dr. AHI yang bentar lagi jadi SpAn, residen yang saya buntutin pas penelitian skripsi :”)

 

 

Being considerate

Satu hal yang saya rasa menjadi pembelajaran utama selama saya menjadi koas adalah being considerate.

Being considerate over everything

Misalnya nih, mau ngehubungin konsulen (dokter spesialis), mikir dulu yang ngehubungin siapa, lewat apa, berkenan tidak lewat WA, atau lewat sms, atau telp.. Terus mikir lagi kata-kata yang pas dan sopan gimana, kata-kata yang menkode pesan kita untuk dibalas itu gimana, baru deh sent

Terus juga misal lagi jaga, ada pasien, kita pengen banget nanganin pasien itu, tapi mikir dulu enak gak ya minta ke residennya, kapan ya timing yang pas buat minta ijin ke residen, baru deh habis itu bener-bener bilang ke residennya

Terus lagi ini saya lagi di stase forensik, lagi jaga igd pula. Saya jadi inget kemarin pas balik ke jogja naik motor, saya lebih hati-hati daripada biasanya, lebih pertimbangan kalo mau nyalip-nyalip kendaraan. Karena selama saya jaga forensik ternyata banyak banget kasus kecelakaan di jalan, apalagi pengendara motor…

#hikmahstaseforensik